Wednesday, November 16, 2011

Bank Sampah Ada di Sekolah

- Beragam upaya dilakukan Pemerintah Kota Depok untuk menjaga kebersihan wilayahnya. Pola-pola biasa, menimbun kemudian mengangkut ke tempat pembuangan sampah bukan solusi menjaga kebersihan. Kenyataannya, terjadi masalah di banyak tempat terkait dampak yang ditimbulkan dan keterbasan lahan tempat pembuangan.

Karena itu, Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan, serta Badan Lingkungan Hidup mendirikan bank sampah di sekolah. Sebagai program awal, bank sampah akan didirikan di 66 sekolah di wilayah unit pelaksana teknis (UPT) Kecamatan Sukmajaya.

Peresmian bank sampah ini dilakukan Wali Kota Depok Nur Mahmudi Isma'il di TK-SD Pemuda Bangsa Jalan Raden Saleh, Studio Alam TVRI, Rabu (16/11/2011). Peresmian bank sampah ini dilakukan sekaligus memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Kota Depok.

Menurut Nur, pendirian bank sampah sangat efektif mengingat sampah yang dihasilkan Kota Depok 3.600 meter kubik per hari. Bank sampah, dapat berperan mengurangi volume sampah sekaligus merealisasikan program Depok Kota Bersih.

Sebelumnya, warga di Perumahan Griya Lembah juga mendirikan bank sampah. Mereka menamakan Bank Sampah Poklili, yang merupakan singkatan dari kelompok peduli lingkungan. Warga bahkan mengolah sendiri sampah tersebut sehingga bernilai ekonomi. Sampah yang tidak dapat diolah dijual menjadi tabungan warga dalam bentuk uang.

sumber:kompas.com

0 comments

Post a Comment

Paling Dilihat