Wednesday, November 16, 2011

Dengan atau Tanpa Beasiswa, Berburu S-2 ke Inggris...

- Pameran pendidikan tinggi Eropa (European Higher Education Fair) 2011 yang berlangsung di Medan, Sumatera Utara, Selasa (15/11/2011), menarik perhatian para pelajar di kota tersebut. Para pengunjung tampak memadati arena pameran, di Grand Aston City Hall Hotel. Mereka terlihat antusiasi menggali informasi pendidikan dan peluang beasiswa yang disuguhkan puluhan universitas yang berpartisipasi. 

Salah satunya Tengku Shanny, mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara. Shanny mengaku ingin menggali informasi mengenai negara-negara mana saja yang unggul dalam bidang Ilmu Hukum. Setelah menamatkan pendidikan S-1, ia berencana melanjutkan di salah satu negara di Eropa untuk jenjang S-2, dengan atau tanpa beasiswa.
"Saya tertarik untuk mengambil S2 jurusan Hukum di Inggris, sebagai negara yang maju saya berniat melanjutkan studi di sana meski tanpa beasiswa," kata Shanny, kepada Kompas.com, saat mengunjungi EHEF 2011.
Sementara itu, Eko Prasetyo, siswa kelas IX SMKN 5 jurusan Teknik Gambar Bangunan, Medan, bersama 26 teman sekelasnya berjalan kaki dari sekolah ke lokasi pameran. Mereka ingin mencari informasi mengenai program studi Arsitektur di negara-negara Eropa seperti Inggris dan Jerman.
"Kami tertarik karena akan banyak universitas yang memberikan informasi, khususnya tentang program studi yang menjadi minat kami," kata Eko.
Lain halnya dengan Hatta Tristyo. Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) ini mengaku, sudah mengkhususkan, informasi studi di negara mana yang akan dibidiknya. Harry memendam keinginan untuk melanjutkan S-2 untuk program studi kedokteran di Jerman.
"Saya tertarik dengan pendidikan kedokteran di Jerman karena mereka (Jerman) cukup unggul dalam program studi tersebut," ujarnya.
Dari pantauan Kompas.com, pengunjung EHEF 2011 di Medan hampir menyentuh angka seribu pengunjung. Hal itu terdata dari aplikasi pendaftaran online maupun manual di stan registrasi. Ada sekitar 400 aplikasi dari pendaftar online dan untuk aplikasi pendaftar manual hampir mencapai 500. Mayoritas pengunjung berharap pihak-pihak terkait lebih sering menggelar pameran serupa.
sumber:kompas.com

0 comments

Post a Comment

Paling Dilihat