Monday, November 14, 2011

Memantau trafik lewat facebook insights

Memantau trafik lewat facebook insights
Memantau trafik lewat facebook insights .Facebook insights merupakan salah satu fitur yang di berikan facebook untuk memantau segala aktivitas blog kita di facebook. Tapi mungkin hanya untuk fitur facebook yang berkaitan dengan yang kita pasang di blog.

Selain histats dan analytics, sepertinya fitur ini patut dicoba. Tapi ingat sekali lagi syaratnya harus pasang dulu fitur yang di sediakan oleh facebook. Di blog ini saya memasang facebook like, fan page, dan facebook share, pada single page. Sehingga disana akan tampil segala kegiatan yang berhubungan dengan fitur yang saya pasang. Tapi dengan adanya statistik ini, selain saya bisa memantau ada berapa like yang telah di berikan visitor. imbasnya juga saya bisa mengetahui page views, karena saya memasang pada single page.

Apakah hal ini sama dengan prinsip pemasangan google like pada posting kita saya kurang tau, karena disini kita sudah bicara teknis yang mendalam dari setiap fitur yang digunakan. Dan tidak menutup kemungkinan untuk para pengembang menambah fungsi dari fitur yang mereka ciptakan.

Cara memasang facebook insights di blog
Menarik sekali ketika anda klik tombol see details, maka anda akan menyaksikan data yang spesifik sekali dari visitor anda. bahkan berdasarkan gender dan usia. Belum lagi asal negara, situs referensi, video views, audio listens, dan photo views. pokoknya menarik banget deh :)
dan bagi yang suka melakukan survey/riset visitor, sepertinya data dari trafik ini sangat berguna sekali. misalkan untuk umur/usia pengunjung rata-rata di blog anda, anda bisa setting target untuk buat artikel dan pelayanan seperti apa untuk menyeimbangi berdasarkan usia/umur masing-masing visitor.

Cara memasang facebook insights di blog

Untuk menyaksikan pelayanan ini, ada baiknya saya share juga cara memasang nya di blog kita tercinta.
Anda tinggal Masuk ke https://www.facebook.com/insights/, yang pasti sebelumnya telah login dulu ke akun facebook anda.
Jika anda sudah memiliki fans page sendiri, maka akan otomatis muncul list fans page tersebut, anda tinggal klik lalu akan keluar grafik dari blog anda.

Jika ingin memasukkan meta nya ke blog, anda tinggal klik tombol hijau  insight for your website .
Jangan klik "Get insights" dulu, tapi copy kodenya dan taruh di bawah tag <head>yang bisa anda cari ketika anda login di blogger > rancangan > edit html . save template, dan kembali ke halaman facebook insights, baru klik "Get Insights" nya. 


Bagaimana dengan trafik anda hari ini? jika belum tau, pasanglah facebook insightsuntuk memantau trafik blog anda.
 




sumber:http://caraonline.blogspot.com/2011/11/memantau-trafik-lewat-facebook-insights.html

0 comments

Post a Comment

Paling Dilihat