Friday, November 11, 2011

Siapakah pendiri Twitter

Siapakah pendiri Twitter?? 

Semua orang tau jika Mark Zukenberg adalah pendiri Facebook, namun siapakah pendiri Twitter?? Apakah sobat tau??

Dialah Jack Dorsey,mungkin terdengar masih asing bagi telinga kita. Namun tahukah sobat bahwa Dorsey adalah Pendiri Twitter, ya Twitter jejaring sosial yang fenomenal.Usia Dorsey kini baru saja menginjak angka 35 tahun ini (lahir 19 November 1976). Masih sangat muda jika dibandingkan dengan entrepreneur sukses atau pengusaha kaya lainnya yang sudah berusia lanjut.

Dorsey sejak belia sudah menyimpan ketertarikan terhadap komputer dan komunikasi. Ia memulai menekuni dunia programming saat masih menjadi siswa di Bishop DuBourg High School. Dorsey terpesona oleh tantangan teknologi untuk mengatur sopir taksi, mengirimkan pesanan, dan semacamnya yang memerlukan komunikasi real-time secara terus menerus satu sama lain. Dorsey merancang sebuah piranti lunak pengiriman yang masih dgunakan oleh sejumlah perusahaan taksi hingga kini.

Jika dirunut kembali, Twitter memang fenomenal. Berawal dari ide Dorsey yang ingin sebuah situs yang menggabungkan cakupan luas piranti lunak pengirim dan keasyikan bertukar pesan pendek. Twitter sebenarnya didirikan dengan pembiayaan dari perintis Obvious, Evan Williams.

menyiarkan pemutakhiran singkat sepanjang maksimal 140 karakter mengenai kegiatan sehari-hari mereka. Para pengguna mengirimkan informasi ke Twitter dengan berbagai cara, melalui situs web Twitter, Twitter versi mobile di ponsel, piranti lunak khusus pesan instan, dan sebagainya. “Tujuannya adalah sebisa mungkin menjauhkan Anda dari komputer,” tukas Dorsey.

Dorsey dengan berani melepaskan status sebagai mahasiswa New York University dan meninggalkan pekerjaanya sebagai seorang programmer di sebuah layanan pengiriman kurir dan taksi di tahun 1999 demi untuk pindah ke San Fransisco.

Pelajaran yang bisa didapatkan dari Dorsey ialah, “Tetaplah terbuka". Saat Twitter diluncurkan, piranti lunak tersebut membutuhkan sebuah nomor ponsel sebagai syarat untuk bergabung. Setelah ia memperbolehkan pengguna untuk
mendaftar dengan menggunakan alamat email, ia mulai memperluas layanan Twitter dengan memasukkan pesan singkat,dan menambahkan sebuah antar muka program untuk para pengembang, jumlah pengguna dan jumlah posting yang disiarkan. “Semua membuat Twitter menjadi jauh lebih mudah digunakan oleh sebanyak mungkin orang,” Dorsey menandaskan.

Twitter kini menjadi semacam kebutuhan tersendiri bagi para pengguna web. Banyak jumlah informasi yang didapatkan dari Twitter yang diberikan oleh masing-masing pengguna dengan sudut pandang masing-masing tentu sangat unik dan adiktif.
Twitter seakan menjadi sumber informasi di samping media massa konvensional, blog atau bahkan situs resmi kantor berita.

Twitter didirikan oleh 3 orang yaitu Jack Dorsey, Biz Stone,
dan Evan Williams pada bulan Maret tahun 2006. Kemudian Evan Williams, seorang mantan eksekutif Google,menyediakan dana investasi dan bersama-sama dengan Dorsey dan Stone untuk operasional twitter, Inc. Pada awal 2006 mereka sudah siap, tetapi tidak benar-benar memiliki strategi peluncuran yang aktif.

Pada bulan Agustus tahun 2006, twitter lahir, layanan microblogging ini Berbeda dengan layanan blog seperti Blogger,Wordpress dan Multiply, Twitter memiliki batasan 140 karakter per post – oleh sebab itu dinamakan microblogging. Apabila aktifitas menulis yang dilakukan oleh para blogger sekarang sudah memiliki kata kerja sendiri yaitu blogging, demikian juga halnya
dengan aktifitas yang dilakukan oleh para pengguna Twitter:
tweeting.

Beberapa orang meramalkan di tahun 2007 (setahun sejak peluncurannya) bahwa pamor Twitter akan semakin menurun seiring dengan jenuhnya para pengguna dengan informasi sehari-hari yang remeh dan tidak berguna.Twitter mengalami pasang surut terutama menyangkut kontroversi di antara para pengguna mengenai esensi dari mempublikasikan kegiatan, emosi dan pikiran pribadi ke ranah publik. Sebagian orang yang merasa Twitter tidak banyak berguna memutuskan untuk berhenti dan menutup akunnya. Namun,tidak kalah banyak juga orang yang justru terjun ke dunia Twitter setelah mengetahui banyaknya manfaat yang bisa dilakukan dengan Twitter. sejauh ini Twitter sanggup bertahan dan bahkan mengalami perkembangan pesat.


sumber:http://ciungtips.blogspot.com/2011/02/siapakah-pendiri-twitter.html

0 comments

Post a Comment

Paling Dilihat