Wednesday, December 14, 2011

Bakmie Linggar Jati Bandung


- Saat ke Bandung beberapa waktu yang lalu kami sempat hunting makanan jenis bakmi. Kami baru mencoba dua lokasi yang menjual mi. Yang pertama bakmi rendang di mangkok ayam Istana Plaza. Nah kami yang mau bahas adalah bakmi Linggar Jati.
Lokasinya di sekitar alun-alun kota Bandung, tepatnya di jalan Balong Gede No. 1. Memang jalannya agak sempit, tetapi bisa parkir di sekitar depan Bakmie Linggar Jati ini.
Tempatnya cukup sederhana, model rumah jaman dulu dan masih tetap dipertahankan sampai saat ini. Juru masaknya juga di depan pintu masuk ke rumah makan ini. Jadi pas masuk, kita bisa lihat pembuatan mi.
Bakmie Linggar Jati sudah ada sejak tahun 1950, lho. Wow sudah lama sekali bukan? Ini tempat kongkow engkong dan emak kita yang bermukim di kota kembang he-he.
Jadi jangan kawatir kalau soal rasa. Beberapa kali kami ke Bakmie Linggar Jati selalu dipadati oleh pelanggannya.
Kami coba pesan Bakmie Ayam Bakso, mie Linggar Jati berukuran kecil-kecil, sedangkan dalam 1 porsi bakmie minyaknya tidak terlalu banyak. Lalu ditambah taburan daging ayam dan potongan, bakso sapi dan taburan daun bawang.
Kemudian biasa kami tambah sambal supaya lebih berasa. Tetapi sayang bagi kami yang penyuka pedas, sambalnya kurang pedas he-he. Kuahnya juga tidak terlalu asin. Mi dan kuahnya terasa ringan tetapi enak.
Kami senang bisa mencicipi mi di tempat makan yang sudah cukup tua umurnya ini. Karena resep mereka pasti sudah turun temurun dan masih menjaga citra rasa.
Apalagi tempatnya masih mempertahankan nuansa jadoelnya. Semoga kuliner seperti ini terus ada supaya anak cucu kita bisa ikut menikmati di kemudian hari.

sumber:kompas.com

0 comments

Post a Comment

Paling Dilihat