Wednesday, December 14, 2011

Danau Singkarak Jadi Ikon Pariwisata Sumbar

Danau Singkarak, yang terletak di Kabupaten Solok dan Tanah Datar, Sumatera Barat, dijadikan ikon untuk memajukan dunia pariwisata Sumatera Barat. "Diharapkan, dengan menjadikan Singkarak sebagai ikon pariwisata, citra yang terbentuk bukan seputar danau tersebut, tapi seluruh obyek wisata yang ada di Sumbar," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Selasa (13/12/2011).
Nama Danau Singkarak setiap tahun dipakai untuk kegiatan olahraga dan pariwisata internasional "Tour de Singkarak" yang digelar atas kerja sama Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI dengan Pemerintah Provinsi Sumbar dan kabupaten/kota di provinsi ini. Menurut Prayitno, Tour de Singkarak telah membentuk news value yang merupakan ajang promosi Sumbar secara keseluruhan.
Di masa datang, diharapkan kabupaten/kota sudah merancang paket-paket wisata sejalan dengan pelaksanaan Tour de Singkarak sehingga kegiatan ini tidak hanya sebatas kegiatan, tetapi juga menjadi bagian dari paket wisata yang sudah terprogram secara simultan di antara kabupaten/kota.
Untuk itu, Kabupaten Solok sudah masuk dalam sepuluh destinasi wisata unggulan di Sumbar. Guna menjadikan Singkarak sebagai salah satu obyek wisata yang memiliki daya tarik, tentu menjadi tanggung jawab bersama pemerintah provinsi/kabupaten dan kota di samping mengupayakan bantuan dari Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.
Sementara untuk rencana induk dan detail engineering design (DED), pengembangan Singkarak sebagai destinasi wisata dapat disiapkan oleh pemerintah kabupaten setempat.

sumber:kompas.com

0 comments

Post a Comment

Paling Dilihat