Friday, April 13, 2018

7 Manfaat Penyembuhan Lavender Essential Oil (Minyak Lavender)


lavender



Lavender merupakan essential oil (minyak esensial) atau minyak atsiri yang paling banyak digunakan di dunia.

Teks-teks kuno menyebutkan lavender essential oil telah digunakan untuk tujuan pengobatan dan upacara agama selama lebih dari 2.500 tahun.

Orang Mesir menggunakan minyak lavender untuk membuat mumi dan parfum.
Bangsa Romawi menggunakannya untuk mandi, memasak dan mengharumkan ruangan.

Banyak peneliti menyatakan 2.000 tahun yang lalu minyak lavender telah dikenal sebagai minyak narwastu (spikenard), diambil dari nama Yunani untuk lavender, naardus, mengambil nama dari kota di Suriah, Naarda.

Saat ini, berbagai manfaat lavender oil untuk tubuh yang sudah diketahui diantaranya:

  • ·         Mengurangi kecemasan dan stres emosional.
  • ·         Menyembuhkan luka dan luka bakar.
  • ·         Memperbaiki kualitas tidur.
  • ·         Mengembalikan warna kulit dan mengurangi jerawat.
  • ·         Memperlambat penuaan dengan antioksidan kuat.
  • ·         Meringankan eksim dan psoriasis.
  • ·         Meredakan sakit kepala.


Selain berbagai manfaat diatas, terdapat manfaat lain yang mungkin belum diketahui sains.
Dibandingkan dengan sejarah yang panjang, sains baru saja mulai mengevaluasi berbagai manfaat kesehatan yang dimiliki minyak esensial lavender.

Manfaat dan Penelitian Ilmiah tentang Lavender Oil
1. Perlindungan Antioksidan
Faktor risiko paling berbahaya dan paling umum untuk berbagai penyakit serius adalah radikal bebas (racun, bahan kimia, polutan, dll).

Radikal bebas bertanggung jawab mematikan sistem kekebalan tubuh dan memicu kerusakan luar biasa pada tubuh.
Jadi, apa solusinya? Antioksidan!

Respon alami tubuh terhadap radikal bebas adalah memproduksi enzim antioksidan – terutama glutathione, catalase, dan superoxide dismutase (SOD) – yang mencegah radikal bebas menyebabkan kerusakan.

Sayangnya, tubuh dapat kekurangan antioksidan jika beban radikal bebas terlalu besar.
Kondisi ini diperparah dengan pola makan yang buruk dan eksposur tinggi terhadap racun.

Untungnya, terdapat solusi alami berlimpah, seperti lavender essential oil, yang terbukti menjadi super hero antioksidan alami.

Peneliti dari China baru-baru ini menemukan lavender essential oil membantu tubuh memproduksi tiga enzim antioksidan paling kuat, glutathione, catalase, dan SOD dalam 22 jam setelah menggunakan minyak esensial lavender.

Juga, para ilmuwan Rumania melihat hasil yang sama setelah hanya tujuh hari setelah menghirup uap lavender essential oil selama 60 menit sehari.
Mereka menemukan bahwa mendifusikan lavender essential oil melindungi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker.

2. Perawatan Diabetes

Pada tahun 2014, para ilmuwan dari Tunisia menguji efek minyak esensial lavender pada gula darah untuk melihat efektivitasnya dalam membantu diabetes.

Studi yang dilakukan selama 15 hari menunjukkan hasil menakjubkan.
Singkatnya, pengobatan menggunakan lavender essential oil mampu melindungi tubuh dari gejala diabetes berikut:

  • ·         Peningkatan glukosa darah (ciri khas diabetes).
  • ·         Gangguan metabolisme (terutama metabolisme lemak).
  • ·         Penambahan berat badan.
  • ·         Penurunan antioksidan pada hati dan ginjal (salah satu alasan mengapa diabetes mematikan).
  • ·         Disfungsi hati dan ginjal.
  • ·         Lipoperoxidation pada hati ginjal (ketika radikal bebas “mencuri” molekul lemak yang diperlukan dari membran sel).

Secara mengejutkan, aktivitas antioksidan dari lavender ternyata lebih kuat dari asam askorbat (vitamin C)!

Apakah fakta ini menyiratkan minyak esensial lavender harus digunakan sebagai pilihan pengobatan untuk penderita diabetes? Mungkin.

Banyak orang berharap pada penelitian lebih lanjut tentang topik ini untuk menemukan pendekatan alami bagi penderita diabetes.

Untuk menggunakan lavender essential oil, Anda dapat menerapkan secara topikal pada leher dan dada, mendifusikan di udara, atau menggunakannya sebagai suplemen.

3. Meningkatkan Mood dan Mendukung Otak
Secara tradisional, lavender telah digunakan untuk mengobati masalah neurologis seperti migrain, stres, kecemasan, dan depresi sehingga topik ini menjadi topik menarik untuk berbagai penelitian.

Studi yang diterbitkan oleh International Journal of Psychiatry in Clinical Practice menemukan suplementasi dengan 80 mg kapsul lavender essential oil mampu meredakan kecemasan, gangguan tidur dan depresi.

Selain itu, penelitian juga tidak menemukan efek samping dari menggunakan minyak lavender untuk mengobati kecemasan, insomnia dan depresi.

Padahal, obat farmasi seperti prozac diketahui memiliki efek samping yang berbahaya.

Menurut penelitian, manfaat lavender essential oil juga mencakup mengurangi gejala dan perkembangan penyakit Alzheimer!

Jurnal Phytomedicine pernah menerbitkan sebuah studi yang menyatakan menghirup uap lavender essential oil selama 60 menit sehari mampu mencegah stres oksidatif otak pada tikus yang mengalami demensia.

Studi lain yang dipublikasikan pada tahun 2012 melibatkan 28 wanita postpartum berisiko tinggi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mendifusikan lavender di rumah mampu mengurangi depresi pasca melahirkan dan mengurangi gangguan kecemasan setelah mengikuti perawatan aromaterapi lavender selama empat minggu.

Pada tahun 2012, jurnal Molecules dari Swiss menerbitkan hasil penelitian bahwa lavender merupakan pilihan pengobatan yang layak untuk stroke. Ya Stroke!

Studi lain membuktikan aromaterapi lavender meningkatkan suasana hati pada orang yang menderita gangguan stres pasca-trauma (PTSD).
Hasil penelitian menunjukkan 80 mg minyak lavender oil per hari membantu penurunan depresi sebesar 32,7% dan menurunkan secara drastis gangguan tidur, kemurungan, dan meningkatkan status kesehatan secara keseluruhan pada 47 orang yang menderita PTSD.

Untuk menghilangkan stres dan meningkatkan kualitas tidur, letakkan diffuser dekat tempat tidur.

Cara lain, letakkan diffuser di ruang keluarga saat bersantai atau membaca di malam hari.

Anda juga bisa menggosokkan lavender oil di belakang telinga untuk mendapatkan manfaat yang sama.

4. Lavender Menyembuhkan Luka dan Luka Bakar
Secara luas dikenal karena sifat antimikroba yang dimilikinya, lavender memiliki sejarah panjang digunakan untuk mencegah berbagai infeksi dan memerangi gangguan bakteri/jamur.

Bahkan, terdapat hampir 100 penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

Minyak lavender juga ditemukan mempercepat penyembuhan luka bakar, luka, dan goresan karena sifat anti-mikroba yang dimilikinya.

Sebuah studi menyatakan kemampuan antimikroba lavender bisa ditingkatkan saat dicampur dengan minyak esensial lain seperti clove, cinnamon dan tea tree oil.

Secara khusus, rasio 1:1 ditemukan paling efektif dalam memerangi Candida albicans dan Staph aureus, penyebab umum bagi banyak infeksi jamur dan bakteri yang menyebabkan pneumonia dan jamur kulit.

Untuk luka bakar atau eksim, campurkan minyak lavender dengan minyak kelapa dengan perbandingan 1:5 untuk mempercepat penyembuhan.
5. Manfaat Lavender Oil untuk Kulit

Karena sifat antimikroba dan antioksidan, lavender essential oil yang dicampur dengan lidah buaya atau minyak kelapa (coconut oil) memiliki manfaat besar untuk kulit.

Hanya 10 tetes per 130 ml gel aloe vera akan mengurangi luka bakar akibat sengatan matahari, membuat luka cepat kering dan cepat pulih.

Penelitian bahkan membuktikan kemampuan lavender oil mempercepat pemulihan sariawan dan dapat mencegah reaksi alergi!

Ingin mengurangi bintik-bintik usia (age spots)? Campur minyak lavender dengan minyak esensial frankincense dan oleskan pada kulit di pagi hari dan malam hari sebelum tidur.


lavender,kesehatan,sehat,artikel

6. Lavender Oil untuk Sakit Kepala

Terdapat jutaan orang di seluruh dunia yang berjuang mengatasi sakit kepala dan sakit migrain akibat ketegangan dan sebab lain.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Neurology, orang yang mengalami sakit kepala migrain mengalami penurunan signifikan dalam rasa sakit ketika menghirup lavender oil selama 15 menit.

Salah satu pengobatan alami paling efektif untuk sakit kepala adalah mengkombinasikan lavender oil dengan peppermint oil dan menggosokkannya di belakang leher, pada pelipis, sekaligus menghirup uapnya.

Teteskan 2 tetes lavender oil dan peppermint oil di telapak tangan kemudian gosokkan ke bagian tubuh seperti disebutkan diatas.

7. Lavender untuk Gangguan Tidur dan Insomnia

Sebuah studi pada sekelompok mahasiswa menemukan bahwa menggunakan lavender oil meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan sebesar 60%.

Kualitas tidur ini meliputi panjang tidur, waktu yang dibutuhkan untuk tertidur, dan tingkat kenyenyakan tidur.

Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Alternative Complementary Medicine menemukan lavender oil meringankan keluhan insomnia pada 5 pria dan 5 wanita yang diteliti.

Jika Anda ingin meningkatkan kualitas tidur, difusikan lavender sebelum atau selama tidur.

Anda juga dapat mengoleskannya langsung pada leher, dada dan pelipis.

Untuk resep alternatif, campurkan lavender oil, roman chamomile oil dan magnesium oil sebagai campuran ideal untuk meningkatkan kualitas tidur.

Dan akhirnya, lakukan mandi penyembuhan dengan menambahkan 15 tetes minyak lavender dan 1 cangkir garam epsom ke bak mandi.
Cara ini dianggap efektif untuk meningkatkan tidur dan relaksasi tubuh.





sumber

0 comments

Post a Comment

Paling Dilihat