Sunday, April 8, 2018

Manfaat Vitamin A bagi Kesehatan Tubuh Manusia







 Vitamin A adalah salah jenis vitamin yang larut dalam lemak. Meski istilah vitamin A tidak jarang merujuk pada senyawa retinol, namun kumpulan ini terdiri dari sejumlah senyawa lain, yakni retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Rumus kimia guna Vitamin A ialah C20H30O.

Fungsi dan Manfaat Vitamin A

Berikut ini sejumlah manfaat vitamin A untuk tubuh manusia.

Kesehatan Mata
Vitamin A mempunyai peran urgen dalam kesehatan indera penglihatan manusia. Vitamin ini menolong menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke benak sebagai suatu gambar. Senyawa yang berperan dalam urusan ini ialah retinol.

Antioksidan
Salah satu format Vitamin A yang dikenal dengan Beta Karoten, adalahsenyawa dengan kegiatan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Baik radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh mupun polusi dari luar.

Sistem Imun
Vitamin A juga bermanfaat sebagai sistem inum eksternal yang mengayomi tubuh dari radikal bebas, virus, bakteri, jamur dan patogen. Mencukupi asupan vitamin A harian berarti menambah kekebalan tubuh.

Mencegah Kanker
Vitamin A dapat melawan kanker dengan mengurangi pertumbuhan DNA dalam sel-sel kanker.

Penyembuhan Luka
Vitamin A dapat menolong menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh kita. Sehingga dapat menolong mempercepat proses pengobatan luka.

Pertumbuhan
Vitamin A pun sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan perkembangan benih pada janin, dan menilai gen pada proses pembentukan organ-organ pertumbuhan embrio.

0 comments

Post a Comment

Paling Dilihat