Saturday, May 5, 2018

Sejarah ATM

sejarah_atm,frankydanielsinaga.blogspot.co..id
sejarah_atm, frankydanielsinaga.blogspot.co.id



Ide mengenai penyaluran uang tunai di luar jam dikembangkan dari keperluan perbankan di Asia (Jepang), Eropa (Swedia dan Inggris) dan Amerika Utara (Amerika Serikat). Sedikit yang diketahui tentang perlengkapan jenis ini di Jepang di samping yang dinamakan "Mesin Komputer Pinjaman" yang menyerahkan uang tunai sebagai pinjaman tiga bulan sebesar 5%, sesudah memasukkan kartu kredit. Perangkat itu beroperasi pada tahun 1966.


Dalam rekaman paten Amerika Serikat, Luther George Simjian sudah dikreditkan atas pengembangan "perangkat penemuan sebelumnya". Secara spesifik patennya yang ke-132 (US3079603), yang kesatu kali dikemukakan pada 30 Juni 1960 (dan diserahkan pada 26 Februari 1963). Perangkat tersebut, dinamakan Bankograph, tertunda sejumlah tahun, dampak perusahaan Simjian Reflectone Electronics Inc. yang diakuisisi oleh Universal Match Corporation.


Sebuah percobaan Bankograph dipasang di New York City pada tahun 1961 oleh City Bank of New York, namun ditanggalkan setelah enam bulan sebab kurangnya penerimaan pelanggan. Bankograph ialah mesin otomatis penyimpanan amplop (menerima koin, duit tunai dan cek) serta tidak mempunyai fitur penarikan tunai.

sejarah_atm,frankydanielsinaga.blogspot.co.id
sejarah atm - frankydanielsinaga.blogspot.co.id


ATM yang diyakini secara luas sebagai yang kesatu, dipergunakan oleh Barclays Bank di kantor cabangnya di Enfield Town di unsur utara London, Britania Raya, pada 27 Juni 1967. Mesin ini diresmikan oleh aktor komedi Inggris Reg Varney. Instansi penemuan ini dikreditkan untuk tim kiat yang dipimpin oleh John Shepherd-Barron dari perusahaan percetakan De La Rue, yang dianugerahi OBE pada tahun 2005.


 Transaksi tersebut dimulai dengan menyisipkan periksa kertas yang dikeluarkan oleh teller atau kasir, ditandai dengan karbon-14 guna pembacaan mesin dan keamanan, yang dalam model terakhir dibandingkan dengan enam digit Nomor Identifikasi Pribadi (PIN).


Ide penyimpanan PIN pada kartu dikembangkan oleh Insinyur Britania Raya yang bekerja pada MD2 mempunyai nama James Goodfellow di tahun 1965 (paten GB1197183 dikemukakan pada 2 Mei 1966 dengan Anthony Davies). Inti dari sistem ini ialah bahwa urusan itu memungkinkan verifikasi nasabah dengan tabungan didebit tanpa campur tangan manusia. Paten ini pun adalahContohnya mula dari menyeluruh "sistem penyimpanan mata uang" dalam daftar paten. Paten ini dikemukakan pada tanggal 5 Maret 1968 di Amerika Serikat (US 3.543.904) dan dikabulkan pada tanggal 1 Desember 1970. 

sejarah_atm,frankydanielsinaga.blogspot.co.id
sejarah atm - frankydanielsinaga.blogspot.co.id

Hal ini mempunyai pengaruh besar pada industri secara keseluruhan. Tidak melulu pendatang di masa mendatang ke dalam pasar penyimpanan duit tunai laksana NCR Corporation dan IBM melisensi sistem PIN Goodfellow, tetapi sejumlah paten belakangan mereferensikan paten ini sebagai "perangkat penemuan sebelumnya

0 comments

Post a Comment

Paling Dilihat