Monday, July 16, 2018

Citizendium


citizendium-www.frankydaniel.com
citizendium - www.frankydaniel.com




Citizendium ("a citizens' compendium of everything" atau "sebuah kumpulan pengetahuan masyarakat tentang segalanya") adalah sebuah ensiklopedia daring. Citizendium merupakan proyek yang dipelopori oleh mantan kepala editor Wikipedia berbahasa Inggris, Larry Sanger, pada tanggal 15 September 2006.


Proyek ini dimulai secara bertahap sebagai percabangan (fork) dari Wikipedia berbahasa Inggris. Proyek Citizendium berada di bawah naungan Yayasan Citizendium. Sanger berkata bahwa Citizendium akan menggantikan Wikipedia sebagai tempat untuk mencari informasi umum di Internet.


Situs web Citizendium secara resmi keluar dari fase beta pada 25 Maret 2007. Namun di situs Citizendium sendiri masih memasang logo beta-nya.


Proyek Citizendium memiliki tujuan yang mirip dengan Wikipedia, tetapi tidak mengizinkan penyuntingan oleh pengguna anonim dan memperkenalkan jenis tingkatan pengguna baru yaitu "editor" yang akan berperan untuk subyek-subyek khusus.


Pada 18 Januari 2007, sebuah perubahan rencana diumumkan. Sanger mengumumkan dalam milis CZ bahwa hanya artikel yang mendapatkan tanda "CZ Live" (yang telah atau akan segera dikerjakan oleh para kontributor Citizendium) yang akan tetap ada di situs tersebut, dan semua artikel lainnya yang diambil dari Wikipedia akan dihapuskan. Tidak semua kontributor Citizendium mendukung perubahan ini, tetapi Sanger menegaskan bahwa penghapusan ini sekadar eksperimen dan jika tidak berhasil, artikel-artikel Wikipedia tersebut dapat dimuatkan kembali.


0 comments

Post a Comment

Paling Dilihat