Friday, July 6, 2018

G-Wave



g-wave,www.frankydaniel.com
g-wave   -  www.frankydaniel.com



G-Wave merupakan sebuah terminal modem satelit portabel berkecepatan tinggi berbasis Protokol Internet yang dibuat oleh Pasifik Satelit Nusantara (PSN), perusahaan satelit swasta pertama di Indonesia.


G-Wave berfungsi sebagai perangkat Satellite News Gathering (SNG) sehingga media televisi dapat mengirimkan gambarnya langsung dari seluruh daerah di Indonesia termasuk videonya. Ini dimungkinkan karena sistem G-Wave didukung Satelit Garuda-1 yang terhubung dengan stasiun bumi PSN di Jakarta.


PSN sebetulnya telah mulai merintis pengembangan alat ini sejak tahun 2004 yang dimulai dari berbagai uji coba. Namun saat ini G-Wave telah siap untuk digunakan semua TV di Indonesia dan Asia (sesuai cangkupan satelit) Beberapa stasiun televisi nasional juga telah menggunakan G-Wave untuk mengirimkan gambar hasil liputannya.


Diawal keberadaannya, kegunaannya telah terbukti lewat gambar video yang dikirimkan pada masa bencana tsunami di Aceh dan juga pada waktu kasus Blok Ambalat langsung dari lokasi.


Meskipun G-Wave tak sepenuhnya menggantikan fungsi OBVan tetapi produk ini praktis menggantikan teknologi lain yang biasa dipakai oleh operator TV Internasional seperti CNN dengan biaya yang jauh lebih ekonomis.

0 comments

Post a Comment

Paling Dilihat