Thursday, July 12, 2018

Kode BCH



kode-BCH,www.frankydaniel.com
kode BCH - www.frankydaniel.com


Dalam teori kode (coding theory), kode BCH (Bose-Chaudhuri-Hocquenghem) adalah salah satu jenis kode pengoreksi error bertipe siklik yang dibangun menggunakan asas himpunan terbatas.


Kode BCH sendiri dibuat pada tahun 1959 oleh matematikawan asal Prancis bernama Alexis Hocquenghem, dan juga secara terpisah oleh Raj Bose dan D. K. Ray-Chaudhuri pada tahun 1960. Istilah BCH sendiri merupakan singkatan dari nama depan ketiga nama penemu ini.


Salah satu karakteristik yang dimiliki oleh kode BCH ini adalah pendesain dapat mendesain kode dengan kapasitas koreksi yang diinginkan. Dengan kata lain, jika pendesain kode menginginkan kode BCH dapat mendeteksi 3 bit error dalam sebuah kode, maka pendesain kode dapat membuat kode BCH yang dapat mendeteksi error hingga 3 bit.


Hal ini sedikit berbeda dengan keluarga kode pengoreksi error lainnya seperti Viterbi dan LDPC di mana hasil akhir jumlah error yang dapat dikoreksi akan bervariasi tergantung kondisi kode itu sendiri. Salah satu keunggulan kode BCH ini adalah mudahnya proses dekoding menggunakan dekoding sindrom. Metode ini cukup efisien dan sederhana sehingga cocok untuk diimplementasikan kepada hardware elektronik bertenaga rendah.


Beberapa aplikasi kode BCH dapat ditemui pada komunikasi satelit, pemutar CD, DVD, cakram keras, SSD, dan bar code dua dimensi.

0 comments

Post a Comment

Paling Dilihat