Monday, April 18, 2011

Tips Hindari Data Flashdisk di Bajak


Kita biasa menggunakan flashdisk untuk menyimpan berbagai macam data, mulai file dokumen, foto, hingga video. Namun tidak jarang file-file tersebut bersifat privasi bagi pemiliknya sehingga berharap jangan sampai terakses oleh orang lain. Karena alasan itulah maka sebaiknya kita selalu melindungi data flashdisk jangan sampai dibaca dan diakses orang lain. Bagi pengguna computer Windows, berikut ini tips agar semua data flashdisk tetap aman.
1.      Download Rohos Mini Drive. Kemudian install dan langsung jalankan aplikasinya.
2.      Pada jendela awal yang muncul terdapat 3 menu yaitu : Encrypt USB Drive, Hide Folder and Options. Sebelumnya, colokan terlebih dahulu flashdisk anda pada computer lalu klik menu Encrypt USB Drive.
3.      Dijendela berikutnya, kita harus menentukan password pengaman untuk mengakses virtual drive hasil pastisi yang dibuat nanti. Tapi sebelum itu, tentukan dulu letak flashdisk dengan mengklik link Change. Ini digunakan untuk mengatur space partisi.
4.      Secara default, Rohos menset ukuran partisi sebesar 500MB. Tetapi bisa kita ubah lebih besar (versi lisensi) dengan klik Change dibawahnya.
5.      Beri tanda centang pada “Make a shortcut to the disk on your desktop” untuk mempermudah akses data enskripsi di computer kita.
6.      Setelah semua langkah (set password dan space partisi) selesai dilakukan. Klik Create Disk, proses pembentukan partisi akan berlangsung beberapa menit.
7.      Setelah proses selesai, akan muncul icon R dengan background kuning di taskbar anda.
8.      Gunakan icon tersebut untuk mengakses partisi yang sudah terbentuk yaitu dengan klik Connect Disk dan tentunya dengan memasukkan password.
9.      Sekarang didalam Windows explorer terdapat virtual drive yang merupakan hasil dari partisi yang dibentuk. Dalam partisi (Rohos Disk) inilah kita harus menyimpan semua data yang kita anggap penting, supaya orang lain tidak dapat mengaksesnya.

0 comments

Post a Comment

Paling Dilihat