Wednesday, December 14, 2011

Microsoft Siap Tinggalkan Silverlight?

- Microsoft merilis plug-in web browser termutakhirnya, Silverlight 5. Plug-in browser versi lima ini kemungkinan akan menjadi versi terakhir dari Silverlight tetapi Microsoft berjanji akan mendukungnya hingga tahun 2021 nanti.

Sebagai penggantinya, Microsoft akan menggunakan WinRT yang sebenarnya berbasis WPF dan HTML5 atau Javascript untuk Windows 8 nanti. Silverlight 5 berukuran 7MB tersebut sudah bisa diunduh sejak 9 Desember 2011.

Seperti versi sebelumnya, Silverlight versi 5 dapat digunakan untuk mesin Windows dan Mac. Aplikasi ini juga tersedia untuk Internet Explorer, Firefox, Google Chrome, dan Safari.

Silverlight 5 ini telah diberikan beberapa kemampuan baru seperti video decoding yang diakselerasi dengan hardware, terutama yang telah memiliki video decoder accelerotor. Dengan hardware tersebut, kualitas video dan performanya akan menjadi lebih baik lagi.

Pihak Microsoft tidak menyebutkan rilis Silverlight 5 ini sebagai yang terakhir. Namun, Microsoft juga belum mau berkomentar ataupun tidak memberikan sanggahan soal kemungkinannya meluncurkan Silverlight 6.

Seperti dikutip ZDnet.com, kemungkinan Microsoft juga tidak akan menggelar konferensi Mix di 2012 atas rumor kelanjutan aplikasi web browser-nya tersebut.

sumber:kompas.com

0 comments

Post a Comment

Paling Dilihat